kacamata pria

Kacamata merupakan salah satu aksesoris fashion yang terus berevolusi dari waktu ke waktu. Kacamata awalnya adalah alat bantu penglihatan untuk orang yang membutuhkannya, hingga kini menjadi salah satu bentuk fashion statement yang patut dipertimbangkan. Jenis framenya pun beragam mulai dari yang besar hingga kecil, warna gelap hingga cerah, sesuai dengan tren.

Tahukah Anda apa saja tren kacamata pria yang terpopuler di setiap dekade? Berikut akan diulas sebagai referensi untuk Anda yang akan menggunakan kacamata sebagai pelengkap gaya.

Era 1950-an

Kacamata yang tren di era 1950-an adalah browline glasses. Model browline ini tidak hanya populer, tapi menguasai 50% penjualan kacamata di era tersebut. Banyak figur terkenal yang mengenakan kacamata jenis ini. Di era modern ini terdapat banyak varian untuk jenis kacamata ini. Mulai dari warna, bentuk, ukuran, dan material dengan satu kesamaan yaitu bagian frame atas yang tebal sehingga menyerupai alis.

Era 1960-an

Retro-squared Glasses sangat tren di era ini. Jenis kacamata ini sangat ‘hits’ pada jamannya. Popularitas kacamata ini juga perlahan meningkat di tahun 1960-an diantara figur kreatif seperti Bob Dylan dan Andy Warhol. Beberapa tahun terakhir, jenis kacamata ini juga perlahan mulai muncul lagi dan diprediksi akan bertahan untuk beberapa tahun kedepan.

Era 1970-an

Perubahan iklim sosial dan politik yang begitu drastis, tren pada dekade ini dikuasai generasi ‘Flower Power’. Tinted-lens glasses juga menjadi tren lewat slogan “peace, love, and rose-colored shades, baby“, tren kacamata dengan lensa berwarna ini digawangi berbagai musisi papan atas. Nama-nama seperti Jimi Hendrix, Janis Joplin, hingga John Lennon adalah beberapa individu yang berpengaruh besar di era tersebut.

Era 1980-an

Jenis kacamata yang tren di era ini adalah aviator glasses. Kacamata ini sudah tren sebelum generasi ini, akan tetapi kacamata pilot ini baru meledak di tahun 1980-an. Film Top Gun yang diperankan oleh Tom Cruise dan Kelly McGillis menjadi pengaruh terhadap kenaikan penjualan kacamata ini. Sejak saat itu, tren kacamata pilot ini tidak pernah mati dan selalu menjadi pilihan banyak pria modern.

Era 1990-an

Round Glasses merupakan jenis kacamata pria yang tren di tahun 1990-an. Tren kacamata pada dekade ini didominasi oleh frame bulat dengan bentuk yang lebih kecil dan minimalis. Disesuaikan dengan gaya “grunge” sebagai kiblat musik dan fashion di era tersebut.

Era 2000-an

Futuristic Glasses menjadi tren di era ini. Era millennial lahir pada tahun ini. Bentuk kacamata tren di masa ini adalah yang memiliki model lebih ramping. Salah satu karakter yang menjadi representasi tren era ini adalah Neo (diperankan oleh Keanu Reeves) di film Matrix.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.