kacamata pria

Memilih kacamata yang cocok di wajah itu ada seninya, terutama dalam memilih kacamata untuk wajah bulat. Selain ukuran minus yang pas, Anda juga harus memastikan model frame-nya cocok dengan bentuk muka Anda. Hal ini penting sekali, agar kacamata pria ini tidak naik turun dan pas di wajah Anda. Berikut ini berbagai hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda membeli kacamata baru.

1.      Frame

Beda dengan yang punya wajah oval, Anda pemilik wajah bulat sebaiknya hindari memilih kacamata pria yang frame atau bingkainya berbentuk oval atau bundar. Agar bentuk wajah Anda tidak kelihatan semakin tirus, pilih frame kacamata yang berbentuk persegi panjang. Intinya harus sesuai dengan bentuk wajah Anda.

Beberapa shape kacamata untuk wajah bulat yang bisa Anda pilih adalah D-Frame, wayfarer, pointy detail atau cat eye, aviator, dan square. Semuanya cocok untuk wajah bulat, karena bisa bikin wajah semakin tirus. 

2.      Warna

Untuk kacamata berukuran standar, gagang kacamata warna bening bisa bikin tulang pipi Anda terlihat naik, sehingga membantu sudut wajah Anda kelihatan lebih lonjong. Kalau mau terlihat fun dan nyentrik, Anda bisa memilih gagang kacamata yang warnanya bermotif kontras.

Mau kelihatan terlihat kece seperti anak indie, atau justru bergaya smart dan serius? Anda bisa memilih gagang kacamata berwarna silver atau metal. Warna ini bikin gaya Anda kelihatan vintage atau sedikit old school. 

3.      Bahan

Kacamata kekinian kini banyak yang transparan alias menggunakan bahan plastik penuh. Meski transparan, warna kacamatanya juga bisa Anda sesuaikan. Mau benar-benar polos atau ada tint berwarna biru atau kecoklatan. Warna ini bisa memberi bingkai yang lebih jelas untuk wajah Anda. Kalau tidak mau transparan penuh, Anda bisa pilih yang ada aksen bingkai solid di atas dan tanpa bingkai di bagian bawah. 

4.      Ukuran

Memilih kacamata untuk wajah bulat memang susah-susah gampang, karena tidak ada ukuran ideal soal hal ini. Namun, Anda yang berwajah bulat sangat tidak disarankan memakai kacamata yang gagangnya kecil. Pakai kacamata oversized? Tidak masalah.

Tapi Anda harus pandai-pandai memilih frame yang shape-nya cocok dengan karakter muka Anda. Kalau salah, kacamata oversized ini bisa membuat wajah Anda kelihatan lebih besar dibanding aslinya. Selain itu, pastikan saja bingkainya jatuh tepat di atas pipi Anda, bukan pas di pipi atau di bawahnya.

5.      Detail

Di samping ukuran frame kacamata yang pas, detail kecil pada gagang kacamata juga sangat menentukan kecocokan kacamata dengan wajah bulat Anda. Bagian bridge misalnya. Bridge yang transparan dapat membantu membuat kesan mata yang lebih lebar sehingga menyamarkan area pipi yang besar.

Share:
Written by menfesyen
Pencinta fesyen pria, tapi tidak tertarik untuk menggaet lelaki.